Tuesday 25 October 2011

5 Kelelawar Unik yang Mengagumkan


Umumnya kita hanya tahu kelelawar adalah binatang nocturno, bekerja di malam hari dan tidur di siang hari. Buah-buahan segar menjadi menu makan utamanya. Namun sebenarnya kelelawar memiliki banyak spesies. Dari sekian banyak, uniknya.com merangkum spesies kelelawar yang unik dan mengangumkan. Berikut rangkumannya.

  1. Kelelawar “Pemancing”
Sebagian besar kelelawar pemancing tinggal di Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan dengan ikan sebagai makajan utamanya. Menggunakan cakar panjangnya saat berburu ikan di permukaan air dan menyimpan disimpan dalam sayapnya. Ukuran kelelawar pemancing lebih kecil dari terbang lebih rendah dari kelelawar pada umumnya. Selain memancing ikan, kelelawar ini juga berburu serangga air untuk makanannya.

Kelelawar “Pemancing” (Sumber: top5s.net)

  1. Kelelawar Muka Hantu
Kelelawar muka hantu mudah ditemukan di dunia dari Amerika Utara hingga Peru. Jenis ini tampak tidak memiliki hidung, tapi memiliki flap kulit yang aneh dank keras pada wajah. Dahinya sangat menonjol yang memberi kesan penampilannya sangat aneh dan menakutkan seperti hantu. Makanan utamanya adalah serangga malam.

Kelelawar Muka Hantu (Sumber: top5s.net)


  1. Kelelawar Kaki Penghisap
Kelelawar jenis ini endemik di kawasan Madagaskar. Disebut kaki penghisap karena mengandalkan bentuk bulatan pada sayap dan pergelangan kakinya untuk bisa menempel di permukaan halus, seperti daun kelapa. Namun setelah dilakukan penelitian, mangkuk di sayap dan pergelangan kakinya tidak menghisap, tapi memproduksi zat lengket seperti lem untuk bisa menempel di bidang licin, seperti yang dimiliki katak pohon dan laba-laba.

Kelelawar Kaki Penghisap (sumber: top5s.net,uniknya.com)

  1. Kelelawar Hidung Tabung
Ditemukan di hutan hukan daerah Filipina, kelelawar hidung tabung merupakan spesies kritis yang terancam punah. Ditemukan pada 1984. Spesies ini terkenal karena lubang hidungnya yang aneh dan memiliki garis-garis dipunggungnya. Makanan utamanya buah-buahan, namun juga memakan serangga sebagai makanan lainnya.

Kelelawar Hidung Tabung (sumber: blogspot.com)

  1. Kelelawar Kepala Palu
Ditemukan di hutan hujan Afrika. Kelelawar ini memiliki kepala besar yang aneh berbentuk palu yang lebih jantan. Dengan thoraks besar di kepalanya sebagai ruang resonansi bisa menghasilkan suara yang besar dank has untuk memanggil betinanya. Makanan utamanya buah-buahan. Tapi sesekali kelelawar kepala palu akan memburu binatang yang lebih kecil.

Kelelawar Kepala Palu (Sumber: top5s.net)

0 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

"Jangan Lupa Tinggalkan Komentar"